Harga Burung Poksay Semua Jenis Terbaru

Diposting pada

Harga Burung Poksay 2019 – Poksay merupakan salah satu jenis burung pengicau yang pernah populer pada tahun 90-an. Bahkan pada era tersebut ia menguasai pasar burung kota besar di Indonesia.

Kini keberadaan burung poksay di pasar burung terbilang langka, bahkan sebagian besar burung poksay masuk dalam daftar hewan yang dilindungi. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari pemburuan yang berlebihan hingga rusaknya habitat burung tersebut.

Nah, untuk kalian yang hanya ingin mendengarkan suara burung poksay bisa klik tautan tersebut. Namun bagi yang ingin memiliki salah satu jenis poksay sebaiknya lihat dulu daftar harga burung poksay berikut ini.

Harga Burung Poksay

Harga Burung Poksay 2019

Menurut informasi yang kami dapat dari situs Omkicau, ada sekitar 50 spesies burung poksay yang tersebar luas diberbagai belahan dunia ini. Namun tidak semuanya populer, hanya beberapa jenis saja yang diminati para kicaumania. Oleh karena itu daftar harga berikut hanya memuat jenis burung poksay bersuara merdu yang paling diminati.

1. Burung Poksay Hongkong

Poksay hongkong

Salah satu burung poksay yang paling dicari para kicaumania yaitu poksay hongkong. Burung ini memiliki alunan suara yang merdu, bervareasi dan lantang. Selain itu poksay hongkong kerap melakukan tarian unik ketika berkicau, tarian tersebut menjadi ciri khas dan juga pembeda dari jenis poksay lain.

Dengan berbagai keisitimewaan tersebut burung ini bandrol dengan harga yang tidak murah. Rata-rata burung poksay hongkong yang sudah gacor dibandrol dengan harga sekitar Rp 3 jutaan.

Tak menutup kemungkinan jika dibeberapa tempat dibandrol dengan harga yang lebih tinggi mengingat semaki sulitnya menemukan poksay hongkong tersebut.

2. Burung Poksay Mandarin

Poksay genting atau yang kita kenal dengan poksay mandarin memiliki suara merdu yang enak didengarkan. Burung ini termasuk burung asli Indonesia, ia tersebar di pulau Sumatera dan Kalimantan. Perbedaan asal burung tersebut terihat dari ciri pada area mata.

Poksay mandarin yang berasal dari Sumatera memiliki lingkar mata putih, sedangkan yang berasal dari Kalimatan memiliki lingkar mata kuning. Perhatikan gambar berikut ini :

Burung Poksay Mandarin Sumatera dan kalimantan

Untuk harga burung poksay mandarin tidak setinggi poksay hongkong, yaitu berkisar Rp. 1 jutaan.

3. Burung Poksay Jambul Putih

Poksay jambul adalah salah satu burung poksay yang populer pada tahun 90-an. Ciri khas dari burung ini yaitu hambul putih yang berada diatas kepalanya. Jambul tersebut sering terlihat berdiri, terlebih ketika sedang berkicau.

Burung Poksay jambul

Karena suara burung poksay jambul terdengar sangat keras dan cenderung berisik, sehingga peminat burung ini tidak begitu banyak. Para kicaumania khawatir jika suara keras poksay jambul akan mempengaruhi mental dari burung pengicau lain yang ia pelihara. Nah, harga poksay jambul dipasaran sekitar Rp 1 jutaan.

4. Burung Poksay Mantel / Poksay Medan

Poksay Medan

Poksay mantel atau poksay medan banyak ditemukan di pulau Sumatera terutama diwilayah Bukit Barisan. Selain di Sumatera, mereka dapat dijumpai di Semenanjung Malaysia, serta wilayah utara Kalimantan.

Burung poksay medan memiliki karakteristik suara kerap mirip dengan poksay jambul putih. Jadi penempatan burung ini sebaiknya dijauhkan dari burung murai batu dan juga kacer. Harga poksay medan rata-rata dibandrol mulai dari harga Rp 300 ribu hingga Rp 1 jutaan.

5. Burung Poksay Hitam

Seperti namanya, poksay hitam tubuhnya dipenuhi dengan bulu berwarna hitam.

Burung Poksay Hitam

Burung ini banyak ditemukan di hutan kawasan penggunungan Sumatera. Suara poksay hitam ini terdengar sangat unik, terdengar seperti orang yang tertawa histeris.

Untuk harga poksay hitam dipasaran terbilang murah dibandingkan jenis poksay lain, yaitu berkisar Rp 300 ribuan saja.

6. Poksay Jambul Sumatra

Burung poksay jambul Sumatera atau poksay sumatera memiliki perawakan seperti poksay jambul putih. Namun jambul poksay sumatra tidak begitu mengembang seperti jambul putih.

Burung ini merupakan endemik pulau Sumatera dan hidup di datara tinggi disepanjang Bukit Barisan. Suara poksay sumatera terdengar lantang dan merdu. Untuk penampilannya kalian bisa melihat gambar berikut ini.

Poksay sumatera

Karena populasinya semakin menurun, burung poksay sumatera dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, yaitu sekitar Rp 1 jutaan.

Daftar Harga Burung Poksay Terbaru

Jenis Burung PoksayHarga
Burung Poksay HongkongRp 3.000.000
Burung Poksay MandarinRp 900.000
Burung Poksay JambulRp 1.000.000
Burung Poksay Jambul PutihRp 1.100.000
Burung Poksay MedanRp 500.000
Burung Poksay HitamRp 300.000
Burung Poksay SumatraRp 900.000

Demikianlah harga burung poksay terbaru yang bisa saya sampaikan. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu jumlah populasi dan permintaan pasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *