Makanan Burung Cendet Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Diposting pada

Apa sih makanan burung cendet agar gacor dan rajin bunyi? Sebagai seorang kicaumania, tentu semua menginginakan burung yang dipelihara menjadi gacor dan rajin berkicau, termasuk dengan burung cendet. Ada sebuah kepuasan tersendiri ketika melihat burung yang kita rawat pandai berkicau.

Ada banyak faktor yang membuat burung cendet menjadi gacor, salah satunya yaitu pemberian pakan yang tepat. Oleh sebab itu kita tidak boleh asal memberikan paka saja, namun juga memperhatikan kualitas dan kandungan gizinya. Cendet yang kekurangan gizi biasanya akan miyik, terlihat kurus dan kurang bergairah.

Makanan burung cendet

Makanan Burung Cendet Agar Gacor

Cendet merupakan burung predator, di alam liar ia memakan aneka serangga dengan cara menyambar seperti elang. Sedangkan ketika dipelihara teman-teman bisa memberikan aneka jenis pakan seperti berikut ini.

1. Serangga

Serangga merupakan makanan favorit burung cendet dialam liar. Ketika cedet dipelihara sebaiknya pakan ini tetap diberikan meski sebatas pakan tambahan. Bahkan sebagian besar kicaumania mewajibkan hal tersebut.

Beberapa jenis serangga yang bagus untuk burung cendet, yaitu jangkrik, ulat hongkong, belalang, ulat bambu, cacing dan orong-orong.

2. Telur Semut / Kroto

Rasanya sudah buka rahasia lagi jika telur semut rang-rang atau kroto sangat bagus untuk burung pengicau, termasuk untuk cendet.

Kandungan protein tinggi yang terdapat dalam kroto diyakini mampu membuat burung semakin gacor dan rajin berkicau.

Memberikan kroto pada cendet tidak perlu setiap hari, cukup 1 atau 2 kali dalam seminggu.

3. Voer

Untuk memudahkan perawatan burung cendet kalian bisa memberikan voer atau poor sebagai pakan utama. Berikan voer dengan kadar protein yang tinggi supaya burung sehat dan memiliki stamina yang bagus.

Ada banyak jenis voer untuk burung cendet seperti Voerzoo insect blend, Prima voer cendet, Fortuna voer cendet, dll. Sebagai alternatif ada juga yang memberikan pakan ikan sebagai pengganti voer.

4. Pakan Racikan

Seperti yang kita ketiahui, cendet merupakan burung yang aktif dan agresif. Oleh karena itu, ia membutuhkan pakan dengan kandungan gizi yang tinggi terutama protein.

Apabila kekurangan gizi biasanya prilaku cendet akan cepat berubah seperti tiba-tiba menjadi galak, manja, malas berkicau hingga macet bunyi.

Nah, untuk membatu para cendet mania, dalam artikel ini saya akan membagikan resep pakan racikan untuk cendet sapaya gacor dan rajin berkicau. Silahkan simak uraian berikut ini :

Bahan :

  • Tahu
  • Ikan ukuran sedang, 1 – 3 kg atau tergantung kebutuhan.
  • Telur ayam, 3 – 10 butir.
  • Tepung jagung, 2 – 3 kg atau tergantung kebutuhan.
  • Tomat, 2 – 3 buah.

Cara Membuat :

  • Bersihkan ikan dari sisik dan juga kotoran lalu giling menggunakan mesin penggiling daging atau gunakan blander.
  • Setelah selesai di blender, campurkan daging ikan, potongan tomat, tahu, telur dan tepung jagung kedalam baskom.
  • Haluskan sisa kulit telur dengan cara ditumbuk lalu tambahkan kedalam campuran adonan.

Campuran bahan baku pakan racikan

  • Selanjutnya aduk adonan hingga tercampur sempurna. Apabila dirasa sudah tercampur rata, keringkan pakan racikan tersebut menggunakan oven selama lebih kurang 20-30 menit. Pastikan pakan tidak gosong. Kemudian keringkan dengan cara dijemur hingga siap digunakan.
  • Catatan : Meski sudah menggunakan pakan racikan, pemberian pakan tambahan berupa jangkrik, kroto atau ulat hongkong tetap harus dilakukan.

Baca juga : Harga Burung Cendet Terbaru !

Demikian pembahasan kita tentang makanan burung cendet yang bagus supaya semakin gacor dan rajin berkicau. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk para cendet mania.

Jangan lupa simak terus CitCuit.ID karena masih ada banyak pembahasan yang ingin saya sampaikan. Salam Kicau..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *