Makanan Burung Trucukan Agar Gacor dan Rajin Berbunyi

Diposting pada

Bingung cari pakan trucukan? Tenang guys, karena dalam artikel ini saya akan mengulas tentang makanan burung trucukan agar burung rajin bunyi. Namun sebelum itu, iinkan saya untuk mengulas sedikit informasi tentang burung tersebut.

Trucukan atau yang kenal dengan sebutan cerucuk, jogjog atau cerocokan adalah jenis burung cucak-cucakan atau Pycnonotus yang populer di Indonesia. Burung ini kerap terlihat di area terbuka seperti daerah peladangan, pinggil jalan dan terkadang didekat perkampungan.

Burung trucuk digemari karena perawatannya yang mudah, ia juga pandai beradaptasi sehingga cepat jinak. Selain itu, teman-teman tidak perlu mengeluarkan budget besar untuk membelinya sebab harga burung trucukan masih sangat terjangkau.

makanan burung trucukan

Makanan Burung Trucukan

Dalam proses pemeliharaan teman-teman harus memberikan pakan yang tepat agar burung trucukan gacor dan rajin bunyi. Seperti burung cucak-cucakan yang lain, trucukan menyukai makanan berupa serangga dan juga buah-buahan lunak. Dan berikut ini daftar makanan yang wajib kalian berikan,

1. Buah dan sayuran

Makanan utama trucukan berupa buah-buahan dan juga sayuran segar, hal ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan stamina burung tersebut. Jenis buah yang paling disukai yaitu buah yang berdaging tebal dan lunak seperti mangga, pisang dan pepaya.

Sedangkan sayuran yang bisa kalian berikan pada burung trucuk yaitu oyang atau gambas. Sayuran tersebut sangat bagus untuk memancing trucukan rajin berkicau.

2. Serangga

Agar burung semakin rajin berkicau kita juga perlu memberinya pakan tambahan berupa serangga. Pemberian serangga sebaiknya dilakukan secara rutin pagi dan sore hari.

Adapun jenis serangga yang disukai trucukan diantara yaitu jangkrik dan belalang. Selain itu kalian juga bisa memberinya ulat hongkong dan kroto (telur semut rangrang).

Lakukan pemberian jangkrik secara rutin, misalnya pagi 2 ekor dan sore 2 ekor. Sedangkan untuk pakan tambahan lain bisa kalian sesuaikan sendiri atau misanya seminggu sekali diberi kroto 1 sendok teh.

Buah dan serangga merupakan pakan wajib yang harus kalian berikan setiap hari. Tanpa memberikan salah satu jenis pakan pasti sang burung akan lesu dan malas berbunyi. Berbeda apabila kalian menyajikan kedua jenis pakan tersebut.

3. Voer

Untuk memudahkan perawatan sang burung, terutama bagi kalian yang sibuk dengan pekerjaan dan tidak memiliki waktu yang cukup. memberikan voer atau pakan kering menjadi alternatif terbaik. Namun pastikan bahwa kalian menyajikan voer yang memiliki kandungan protein tinggi.

Sebagai vareasi agar burung tidak bosan dengan voer yang diberikan, kalian bisa mencampurnya dengan kuning telur rebus, tepung udang atau tepung daging. Hal ini juga diyakini bisa membuat burung semakin rajin berkicau.

Tips perawatan harian

Sebagai pelengkap dari artikel ini, berikut kami bagikan tips perawatan harian burung trucukan supaya rajin berkicau.

1. Pengembunan

Untuk melatih pernapasan burung sekaligus memberikan angin segar sebaiknya lakukan pengembunan secara rutin mulai pukul 05.00 hingga pukul 06.00 atau lebih kurang 1-2 jam.

2. Penjemuran

Setelah menikmati segarnya udara pagi hari, selanjutnya burung dijemur untuk menghangatkan tubuhnya. Lama penjemuran burung kurang lebih 15 menit – 2 jam, waktu yang bagus yaitu sekitar pukul 07.00 hingga 09.00.

Jika penjemuran sudah selesai, burung diangin-anginkan (gantang ditempat teduh)  terlebih dulu kurang lebih 5 menit. Selanjutnya sangkar dikerodong penuh.

3. Mandi

Trucukan tak perlu dimandikan setiap hari, cukup 1-2 kali saja setiap minggunya. Cara memandikannya bisa dengan cara mandi di dalam karamba atau menggunakan cepu yang besar.

4. Pakan

Agar burung tidak bosan dengan pakan yang diberikan sebaiknya ganti jenis pakan setiap 2 hari sekali, antara pisang dan tomat.

Sebagai pakan tambahan, kalian bisa memberikan pakan berupa jangkrik dan ulat hongkong. Karena trucukan bukan murni burung pemakan serangga jadi pemberian jangkrik dan ulat hongkong jangan berlebihan. Untuk perawatan harian cukup pagi 1 sore 1 atau pagi 2 sore 2. Pada malam hari berikan kroto secukupnya pada si burung (optional)

5. Air Minum

Untuk menjaga kebersihan air minum wajib diganti setiap hari. Bila perlu berikan juga larutan penyegar atau multivitamin pada cepu yang berbeda. Agar stamina burung selalu bagus sehingga rajin berkicau berikan madu yang dicampur air dua kali seminggu.

6. Kebersihan

Kotoran yang menumpuk bisa menjadi pemicu datangnya berbagai penyakit pada si burung, jadi sangkar wajib dibersihkan setiap hari.

7. Pemasteran

Cara yang paling efektif untuk membuat burung gacor dan memiliki vareasi kicau yang banyak yaitu dengan memasterkannya. Proses pemasteran tersebut cukup 15 menitan. Caranya bisa dengan menggunakan burung asli yang sudah gacor atau menggunakan audio mp3 yang bisa kalian download disitus ini.

Itulah beberapa jenis pakan burung trucukan yang wajib kalian berikan supaya sang burung rajin berkicau dan juga sedikit tips yang perlu dicoba. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan jangan lupa untuk terus berkunjung ke CitCuit.ID suapay mendapatkan informasi terbaru tentang dunia kicau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *