Cara Mengatasi Anis Merah Ngecir Ngebos

Diposting pada

Cara Mengatasi Anis Merah Ngecir Ngebos – Selain mabung, ada beberapa problem yang sering dihadapi pecinta anis merah, diantaranya yaitu sikap ngecir dan ngebos.

Nah, apa sih yang dimaksud ngecir dan ngebos tersebut, silahkan simak ulasanya berikut ini.

Cara Mengatasi Anis Merah Ngecir Ngebos

Cara Mengatasi Anis Merah Ngecir

Apa itu ngecir? Ngecir merupakan sebauh isitilah yang digunakan oleh para kicaumania untuk menggambarkan prilaku burung anis merah yang suka menggetarkan sayapnya sembari mengeluarkan suara yang khas.

Secara umum kondisi ini tidak disukai oleh sebagian besar kicaumania, bahkan ada yang mengkaitkanya dengan jenis kelamin.

Pada dasarnya semua disebabkan oleh kondisi burung anis merah sendiri dan tidak ada kaitanya dengan jenis kelamin seperti rumor yang beredar di masyarakat.

Penyebab Anis Merah Ngecir

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan burung anis merah ngecir :

  • Burung anis merah mengalami over birahi (OB).
  • Perawatan harian yang tidak teratur, terutama jarang dimandikan dan dijemur namun bisa juga karena penjemuran yang terlalu lama.
  • Burung sedang memasuki masa mabung.
  • Burung terlalu manja atau ngeboss.

Itulah beberapa penyebab burung punglor merah ngecir. Lalu bagaimana cara mengatasinya? silahkan simak ulasanya berikut ini.

Penanganan Anis Merah yang Selalu Ngecir

Berikut ini solusi yang cukup efektif untuk mengatasi burung anis merah ngecir.

1. Berikan Pakan secara Tepat

Selain diberi pakan voer burung anis merah juga kerap diberi pakan tambahan (EF) berupa aneka serangga kecil seperti jangkrik, kroto dan ulat.

Namun beberapa EF tersebut memiliki kandungan protein tinggi sehingga apabila diberikan secara berlebihan dapat menggangu kondisi birahinya.

Oleh karena itu, dalam penanganan anis merah ngecir pakan tambahan seperti jangkrik, ulat hongkong dan kroto perlu dikurangi.

Selama masa pemulihan, lebih baik burung anis merah diberi buah-buahan segar yang memiliki kadar air tinggi seperti jeruk, pepaya, jambu, dll.

Untuk menurunkan birahinya, mandikan burung secara ruitn dan durasi penjemuran dikurangi. Dalam beberapa kasus, mandi malam juga efektif untuk menurunkan birahi anis merah.

2. Berikan Multivitamin

Solusi alterntif untuk mengatasi anis merah ngecir selanjutnya yaitu dengan memberikan multivitamin secara rutin.

Kamu bisa memberikan multivitamin seperti BirdVit untuk mengurangi potensi ngecir.

3. Dijodohkan

Kondisi ngecir biasanya terjadi karena burung mengalami over birahi. Jadi salah satu cara yang efektif untuk mengatasinya yaitu dengan menjodohkan atau menyalurkan birahinya.

Cara ini memang jarang digunakan, selain karena ketidak tahuan jenis kelamin anis merah peliharaanya, mengawinkan anis merah membutuhkan biaya yang cukup banyak. Pasalnya harga anis merah dipasaran masih sangat tinggi.

Sebagai alternatif lain kamu bisa menggantang anis merah miliknya didekat anis merah temanmu selama seharian. Atau bisa juga kamu menggantangnya didekat arena lomba saat sesi anis merah.

Selain cara diatas, ada satu lagi cara unik yang sudah dibuktikan oleh salah satu pecinta anis merah, yaitu Dian Hadiansyah.

Dalam postinganya di group Ilmu Sejati Anis Merah Indonesisa (ISAMI) beliau memberikan tips yang banyak orang tidak terpikirkan, yaitu dengan menempelkan ujung garpu ke kloaka burung yang sedang ngecir.

Menurut Om Dian Hadiansyah, burung tersebut menikmatinya seperti tersalurkan rasa birahi yang terpedam selama ini. Tidak butuh waktu lama, anis merah miliknya kembali teler seperti semula.

Hal tersebut tentu bisa dicoba pada anis merah lain yang ngecir karena over birahi, namun untuk hasil akhirnya tergantung dari karakter burung masing-masing.

Cara Mengatasi Anis Merah Ngebos

Apa itu ngebos ? Ngebos merupakan sebuah istilah yang digunakan para kicaumania untuk menggambarkan prilaku burung anis merah yang terlalu manja ketika melihat orang yang merawatnya atau majikanya.

Prilaku ini mirip seperti cendet yang sedang miyik, bedanya cendet akan maja kepada siapa saja yang mendekati sangkarnya.

Ada beberapa penyebab anis merah ngebos, diantaranya yaitu sang perawat terlalu memanjakanya, seperti memberi pakan secara langsung. Sehingga ketika anis merah lapar, kebiasaan disuapi itu muncul, jadi ketika melihat sang perawat ia akan turun tangkringan dan mengejarnya.

Selain itu, over birahi juga bisa menyebabkan anis merah ngebos. Cirinya pun sama, yaitu mengejar-ngejar orang yang merwatnya dan sifatnya berubah menjadi lebih agresif.

Kondisi anis merah ngebos harus segera ditangani dengan baik, sebab hal ini mengganggu penampilanya, terlebih jika ia sering dilombakan.

Nah, berikut ini beberapa cara yang dinilai efektif untuk mengatasi burung anis merah yang ngebos.

  • Mengganti perawat atau menyuruh orang lain untuk merawat burung tersebut. Minta kepadanya agar tidak memanjakan si burung. Misalnya saat memberi pakan jangkrik atau cacing, pastikan agar ia menaruhnya dalam cepu pakan terlebih dulu, bukan menyuapi si burung.
  • Cara lain yang dinilai bisa menguragi prilaku ngebos anis merah yaitu menggunakan pakaian yang berwarna mencolok ketika merawatnya. Agak repot sih, namun hal ini diyakini bisa mengurangi prilaku tersebut, jadi apa salahnya untuk mencoba.
  • Mandi malam juga diyakini bisa mengatasi burung anis merah ngebos. Coba lakukan mandi malam secara teratur beberapa kali dalam seminggu , jika membaik lakukan hal tersebut hingga burung kembali normal.
  • Cara terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu dengan bersikap cuek. Lakukan perawatan seperti biasanya, pakan tambahan dimasukan dalam cepu terlebih dulu sebelum diberikan. Apabila menunjukan prilaku ngebos atau manja, kamu cuek saja. Bisa juga dengan memberikan semprotan halus setiap kali melewati sangkarnya.

Demikianlah cara mengatasi anis merah yang ngebos. Silahkan coba praktekan dan amati setiap perubahanya.

Dengan melakukan perawatan rutin, secara perlahan semua masalah anis merah bisa diatasi dengan baik.

Baca juga : Perawatan Burung Anis Merah Mabung

Semoga ulasan tentang cara mengatasi anis merah ngecir ngebos dapat bermanfaat. Apabila ingin mendapatkan informasi menarik lain, silahkan simak terus CitCuit.ID.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *