Perawatan Burung Anis Merah Mabung

Diposting pada

Perawatan Burung Anis Merah Mabung – Merawat burung kicau tentu tidak selalu berjalan mulus, pasti ada hambatan atau permasalahan yang harus dihadapi.

Salah satu permasalahan yang umum dihadapi para penghobi kicau yaitu pada saat burung mabung yaitu burung mengalami siklus pergantian bulu secara alami. Siklus ini dialami oleh semua jenis burung, termasuk burung anis merah.

Perlu diketahui bahwa kondisi mabung merupakan kondisi terlemah burung. Biasanya burung akan memilih banyak diam dan tidak melakukan aktifitas apapun.

Dalam kondisi ini, burung membutuhkan perhatian yang ekstra dari pemiliknya. Perawatanya pun berbeda dari biasanya, hal ini sangat penting karena menentukan masa depan si burung.

Apabila salah dalam perawatan saat mabung, bisa dipastikan kualitas burung akan rusak. Bahkan tidak jarang yang akhirnya mengalami macet bunyi.

Oleh karena ini CitCuit.id akan membagikan cara merawat burung anis merah mabung dengan benar agar cepat tuntas dan burung tetap berkualitas.

Perawatan Burung Anis Merah Mabung

Perawatan Burung Anis Merah Mabung

Berikut ini pola perawatan anis merah mabung agar cepat tuntas dan burung kembali seperti semula.

  • Isolasi burung ditempat yang tenang dan nyaman. Jauhkan burung dari keramaian manuasia, burung sejenis atau burung pengicau lain.
  • Agar proses rontok bulu lancar, sebaiknya burung lebih banyak dikerodong atau dikerodong secara penuh.
  • Selama masa perontokan bulu atau ngurak, burung dibuat ngedrop dengan cara tidak diberi extra fooding atau pakan tambahan seperti jangkrik, cacing, dll. Jadi cukup diberi pakan voer dan buah pepaya.
  • Selain itu, selama ngurak sebaiknya burung tidak dimandikan agar memudahkan proses perontokan bulu.
  • Ketika burung sudah memasuki tahap mabung atau tumbuhnya bulu-bulu baru (bulu jarum) maka extra fooding mulai diberikan lagi dan porsinya lebih banyak dibanding saat perawatan harian. Misalnya diberi 4 ekor jangkrik pagi dan 4 ekor jangkrik sore hari. Cacing 2 ekor 3x seminggu.
  • Setelah bulu jarum sudah muncul kamu juga bisa memandikanya lagi.
  • Multivitamin seperti Supervit diberikan 2x seminggu.
  • Agar daya tahan burung tetap terjaga dan metabolisme lancar sebaiknya burung diberi buah-buahan segar seperti pepaya, apel, dll.
  • Pada masa pertumbuhan bulu baru burung sudah bisa di master kembali. Kondisi ini juga termasuk kondisi terbaik untuk mengisi vareasi suara yang kamu inginkan.

Baca juga : Cara Merawat Burung Anis Merah

Demikianlah perawatan burung anis merah mabung yang perlu kita ketahui, semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa simak terus Citcuit.ID agar mendapatkan informasi menarik tentang burung kicau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *